Minggu, 17 November 2019

Panduan Menjaga Sepatu di Musim Hujan


Buat Kamu beberapa pekerja, baik kantoran atau lapangan, masalah sepatu berbau atau jamuran karena hujan seringkali menyusahkan, khususnya buat pengguna sepatu memiliki bahan kulit. Hujan dapat juga membikin sepatu kotor serta cepat rusak. Seperti pori-pori cat sepatu mengeras, retak-retak, sampai pada akhirnya cat terkelupas. Bila itu berlangsung karena itu tampilan Kamu jadi tidak bagus . model sepatu safety bisa menjadi solusi untuk kamu.
Seperti yang dirasakan Ahmad Afandi, 23 tahun, ini. Lajang yang kerja di kantor pabrik baja di Lokasi Mojokerto akui saban pulang kerja sepatunya tetap basah sebab hujan. Jika telah demikian, langkah hanya satu yang dapat dia kerjakan cuma mengelap sepatu. ”Kadang saya jemur supaya kering. Tetapi langit seringkali mendung, sepatu jadi lembab, berbau, terus jamuran,” katanya, Senin (10/1).

Tetapi apa bisa bikin. Sebab ia cuma punyai satu pasang sepatu, walau lembab, sepatu itu juga dia gunakan. Upah pas-pasan membuat memutar otak cari langkah supaya sepatu hanya satu itu masih awet dalam keadaan cuaca ekstrim seperti sekarang.

Khoiron, Bagian Training serta Promo Komite Entrepreneur Alas Kaki serta Sepatu (KOMPAK) Mojokerto, Jawa Timur membetulkan jumlahnya keluhan seperti yang dilemparkan Afandi itu.

Menurutnya, masalah kehancuran sepatu sebetulnya bergantung langkah merawatnya. Hujan atau panas tidak jadi masalah bila pemiliknya mengerti beberapa cara perawatan sepatu yang benar.


Supaya sepatu Kamu masih awet serta kinclong, Khoiron membagi panduan untuk Kamu.

1. Membersihkan sepatu setelah digunakan
Sebelumnya membersihkan dengan air biasa atau sampo spesial supaya sisa-sisa kotoran yang melekat bersih dengan disikat. Itu penting sebab kotoran dapat mengakibatkan kerusakan serta membuat kusam sepatu. Ada pula bahan pembersih semprot untuk suede/kulit, contohnya leather cleaner bikinan cololite. Sesudah bersih, sepatu dilap dengan kain kering, tisu kasar atau sejenisnya supaya air yang mengendap di pori-pori sepatu terserap.

2. Sepatu diangin-anginkan serta hindari dari cahaya matahari
Sesudah dibikin bersih, sepatu diangini dengan meletakkannya dalam tempat terbuka. Serta jika butuh, keringkan sepatu dengan kipas angin untuk jaga fleksibilitas bahan sepatu. Sepatu jangan dijemur dibawah cahaya matahari langsung sebab sepatu dapat mengeras, pori-pori bahan sepatu kasar, warna pecah-pecah, sampai cat fundamen terkelupas.

3. Semirlah
Penyemiran dikerjakan untuk jaga warna sepatu supaya masih mengkilap. Pilih type warna sepatu sesuai warna dasarnya. Contohnya untuk sepatu berwarna hitam, jangan disemir dengan warna coklat, atau sebaliknya. Itu malah dapat mengakibatkan kerusakan warna.

4. Taruh sepatu pada ruangan yang tidak lembab
Selesai disemir sepatu di taruh dalam tempat aman. Dapat almari, kardus, mobil, atau dibawah ranjang tidur. Tetapi yang paling aman, semestinya sepatu di taruh di rack terbuka saja. Upayakan area untuk menyimpan tidak lembab sebab keadaan itu dapat menyebabkan timbulnya jamur. Lembab dapat juga membuat sepatu berbau saat digunakan.

5. Perlindungan sepatu dari jamur dengan memberikannya silica gel
Sesudah disemir, alangkah lebih baiknya sepatu dikasih silica gel di dalamnya supaya aman dari serangan jamur. Bila perlu, sepatu dapat juga disemprot dengn minyak wangi. Sebelum digunakan, bodi lotion dapat juga dioles-oleskan pada kulit sepatu supaya tidak mengeras, serta terbangun elastisitasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar